.

.
Bismillah ..., Kami Ingin Berbagi Faedah Ilmu Syar'i, MENEBAR SUNNAH & Merajut Ukhuwah di Atas Manhaj Salaf Dalam Meniti Al Haq

HUKUM MEMANJANGKAN SUJUD TERAKHIR DI RAKAAT TERAKHIR


HUKUM MEMANJANGKAN SUJUD TERAKHIR DI RAKAAT TERAKHIR


Asy-Syaikh Ibnu Baaz -rahimahullah- berkata :


"Kami tidak mengetahui adanya dalil yang mensyariatkan sujud terakhir lebih lama (dibandingkan yang lainnya), justru sunnah mengajarkan agar sujud terakhir seukuran sujud-sujud yang lainnya, dan tidak memperpanjangnya untuk manusia (makmum). 


Namun hendaknya semua sujud dilakukan dengan waktu sedang dan mirip-mirip lamanya.

Hal itu berlaku pula pada ruku'nya. Dan di saat berdiri seseorang memanjangkan raka'at pertama dan kedua. Sedangkan untuk sujud dengan waktu yang cukupan dan tidak memanjangkannya sehingga merugikan makmum. Demikian pula di rakaat ketiga dan keempat di sholat dhuhur, ashar dan isya', dia membaca Al-Fatihah kemudian ruku' yang lamanya sedang, tidak terlalu panjang. Kemudian i'tidal yang lamanya sedang, tidak memanjangkannya untuk makmum. Demikian pula sujudnya, semua panjangnya sama dan hendaknya dilakukan dengan tuma'ninah dengan lama cukupan dan tidak tergesa-gesa, dan tidak mengkhususkan sujud terakhir dengan lama waktu melebihi sujud lainnya karena TIDAK ADANYA DALIL yang memerintahkannya. 


Hanyasanya yang diperintahkan adalah TUMA'NINAH dan TIDAK TERGESA-GESA dalam mengerjakan seluruh amalan sholat.

Hendaknya ketika berdiri, dia khusyu' membaca ayat dan tidak tergesa-gesa. Hendaknya ketika ruku', dia khusyu' dan tidak tergesa-gesa. Hendaknya ketika i'tidal setelah ruku', dia tuma'ninah dan tidak tergesa-gesa. Demikian pula yang dilakukan dalam sujud dan diantara dua sujud. Hendaknya ia jadikan (lama waktu) dalam sholatnya mirip-mirip (seimbang) sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi -'alaihish-sholaatu wassalaam."




قال الشيخ ابن باز رحمه الله :

لا نعلم دليلاً يدل على شرعية إطالة السجود الأخير، بل السنة أن يكون مثل بقية السجدات لا يطيل على الناس، بل تكون سجداته معتدلة متقاربة، وهكذا ركوعه، وهكذا قيامه يطيل في الأولى والثانية، ويعتدل في السجود، ولا يطول على الناس تطويلاً يضر، وهكذا في الثالثة والرابعة من الظهر والعصر والعشاء يقرأ الفاتحة ويركع ركوعاً معتدلاً ليس فيه طول كثير، ويعتدل اعتدال ليس في طول على الناس، وهكذا السجود كله سواء، يكون فيه طمأنينة واعتدال وعدم عجلة لكن لا يخص السجدة الأخيرة بمزيد الطول، لعدم الدليل على ذلك، إنما هو مأمور بالطمأنينة وعدم العجلة، في جميع صلاته في قيامه يخشع في القراءة ولا يعجل، وفي ركوعه يخشع ولا يعجل، واعتداله بعد الركوع يطمئن ولا يعجل، وهكذا في السجود وهكذا بين السجدتين، وتكون صلاته متقاربة كما فعل النبي عليه الصلاة والسلام.

http://www.binbaz.org.sa/noor/6085
________________________________
Al-Ustadz Syamsu Muhajir Hafidzahullah

________________________________

Sya'ban 1437 H

Salafy Malang Raya :radio_button:
Channel Resmi Salafy Malang Raya
"Menebar Sunnah Menjalin Ukhuwah"

https://telegram.me/salafymalangraya

http://www.assalafy.net/2016/05/hukum-memanjangkan-sujud-terakhir-di.html

BELAJAR MANHAJ SALAF (channel & whatsapp BMS)
Situs kami :
https://muslimahsalafiyat.blogspot.co.id