.

.
Bismillah ..., Kami Ingin Berbagi Faedah Ilmu Syar'i, MENEBAR SUNNAH & Merajut Ukhuwah di Atas Manhaj Salaf Dalam Meniti Al Haq

Tahukah Anda Bahwa Minimal Waktu I’tikaf adalah Sesaat Saja

http://assalafiyyat.blogspot.co.id

Al-‘Allamah ‘Ubaid al-Jabiri hafizhahullah ditanya;
“Berapa lama waktu ber i’tikaf yang paling sedikit bila seseorang tidak mungkin pada sepuluh hari terakhir Ramadhan semuanya?”
Jawaban:
“Sesungguhnya hukum-hukum Allah subhanahu wata’ala dibangun di atas kemudahan, sebagaimana hukum-hukum tersebut juga dibangun di atas maslahat (kebaikan) dan upaya menolak kerusakan. Di antaranya dalam masalah i’tikaf, sebatas yang saya temukan, syariat tidak membatasi ketentuan berapa lama (minimal)nya. Oleh karena itu sebagiàn ulama berpendapat bahwa minimal lama i’tikaf adalah sesaat saja, jadi beri’tikaflah dalam waktu yang mudah bagimu.
*Alih bahasa: BBM Qanitah Menyapa
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
هل تعلم أن أقل مدة للاعتكاف ساعة!؟
سُئِل العلامة عبيد الجابري -حفظه الله- :
كم أقل مدة للاعتكاف إذا لم يتمكَّن أن يعتكف في العشر الأواخر كلها؟
الجواب:
إنَّ أحكام الله – سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى- مبنية على اليُسر والسهولة، كما إنها مَبنية على المصالِح ودفع المفاسِد، ومن ذلكم الاعتكاف، فلم يُحدِّد الشرع فيما وقفت عليه مُدَّة، ولهذا قال بعض أهل العلِم أقلّهُ ساعة، فاعتكف ما تيَّسر لك.
Judul: TAHUKAH ANDA BAHWA MINIMAL WAKTU I'TIKAF ADALAH SATU JAMPembicara: Asy-Syaikh ‘Ubaid bin ‘Abdillah al-Jabiri hafizhahullahTanggal: 25 Ramadan 1436